Fatimah: Belahan Jiwa Nabi saw
Ibn Shabbah Maliki meriwayatkan dari Mujahid, mufasir ternama Ahlu Sunnah bahwa Rasulullah saw suatu hari keluar dari rumah sambil memegang tangan Fatimah az-Zahra sembari bersabda:
«من عرف هذه فقد عرفها، ومن لم یعرفها فهی فاطمة بنت محمّد»
Barangsiapa yang mengenal wanita ini maka ia telah mengenalinya, dan barangsiapa yang belum mengenalinya maka sesungguhnya ia adalah Fatimah putri Muhammad.
وهی بضعة منّی، وهی قلبی وروحی الّتی بین جنبی،
Dan ia (Fatimah) adalah belahan hatiku dan ia adalah hatiku dan jiwaku yang ada pada sisiku
فمن آذاها فقد آذانی ومن آذانی فقد آذی اللَّه»
Barangsiapa yang menyakitinya maka ia telah menyakitiku dan barangsiapa yang menyakitiku maka ia telah menyakiti Allah[1]
Muhammad bin Ismail Bukhari, Penulis kitab hadis monumental Shahih al-Bukhari yang wafat pada tahun 256 H meriwayatkan hadis Masur bin Makhramah bahwa Nabi saw bersabda:
«فَاطِمَةُ بَضْعَةٌ مِنِّی فَمَنْ أَغْضَبَهَا أَغْضَبَنِی»
Fatimah adalah belahan hatiku. Barangsiapa yang membuatnya marah maka ia telah membuat aku marah.[2]
Muslim bin Hajjaj Naisyaburi, wafat tahun 261 H dalam kitab Shahih Muslim jilid empat ,halaman 1903,hadis no-2449 meriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda:
«إنما فَاطِمَةُ بَضْعَةٌ مِنِّی یؤْذِینِی ما آذَاهَا»[3]
Alusi termasuk ulama mutakhir (Wafat tahun 1270 H) dan mememiliki kecenderungan Salafi serta penulis kitab tafsir Ruhul Ma’ani. Beliau dalam jilid ketiga kitab tersebut pada halaman 155 saat menelaah hadis Shahih Bukhari dan Shahih Muslim yang dalam dua kitab tersebut Nabi saw bersabda: Fatimah adalah belahan hatiku (separuh dari wujudku). Melihat riwayat yang menakjubkan ini, pena yang ada di tangannya jatuh lalu ia mengeluarkan pernyataan yang luar biasa yang sulit dicari tandingannya:
«أن فاطمة البتول أفضل النساء المتقدمات والمتأخرات من حیث أنها بضعة رسول الله صلی الله تعالی علیه وسلم»
Sesungguhnya Fatimah al-Batul adalah wanita terbaik dari wanita-wanita terdahulu dan wanita-wanita mutakhir. Yang demikian itu karena beliau adalah belahan wujud Rasulullah saw.
«إذ البضعیة من روح الوجود وسید کل موجود لا أراها تقابل بشئ؟»
Makna bid’iyyah ialah bagian dari ruh wujud dan penghulu setiap makhluk. Dan aku tidak menemukan sesuatu pun yang mampu menandingi Fatimah
«وأین الثریا من ید المتناول؟»
Keutamaan Fatimah bagaikan berada di bintang Tsuraya yang siapa gerangan yang mampu menjangkaunya?
Andaikan Rasulullah saw mengetahui bahwa Fatimah az-Zahra memiliki usia yang panjang di dunia ini niscaya beliau akan mengatakan:
«خذوا کل دینکم عن الزهراء»
Ambillah seluruh agama kalian dari az-Zahra[4]
Dalam kitab Mustadrak ‘ala ash-Shahihain,karya Hakim Naisyaburi (wafat tahun 405) pada jilid ketiga, halaman 167 diriwayatkan bahwa Nabi saw bersabda:
« إن الله یغضب لغضبک ویرضی لرضاک»
Sesungguhnya Allah murka karena kemurkaanmu (Fatimah) dan rida karena keridaanmu.
Sehubungan dengan kesahihan riwayat tersebut, Hakim mengatakan:
«هذا حدیث صحیح الإسناد»
Hadis ini sahih isnad/sanad-nya.[5]
Selain Hakim Naisyaburi, Ibn Hajar Haitsami dan Ibn Hajar Asqalani juga menyatakan kesahihan riwayat tersebut.
Terkait dengan kesetaraan Fatimah az-Zahra dengan ayahnya, Siti Aisyah mengatakan:
«ما رأیت أفضل من فاطمة غیر أبیها»
Aku tidak melihat seorang pun yang lebih utama daripada Fatimah selain ayahnya[6]
Siti Aisyah juga mengatakan:
«ما رأیت أحدا قط أصدق من فاطمة»
Aku tidak melihat seorang pun yang lebih jujur daripada Fatimah[7]
عَنْ عَائِشَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ: مَا رَأَيْتُ أَحَدًا مِنَ النَّاسِ كَانَ أَشْبَهَ بِالنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَلَامًا وَلَا حَدِيثًا وَلَا جِلْسَةً مِنْ فَاطِمَةَ
Siti Aisyah juga meriwayatkan bahwa “aku tidak melihat seorang pun lebih mirip dengan Rasulullah saw dari sisi cara bicara dan gaya penuturan dan gaya duduk daripada Fatimah. ( al-Adab al-Mufrad 1/519).
Lebih jauh Siti Aisyah meiwayatkan bagaimana penghargaan luar biasa Nabi saw kepada Siti Fatimah:
«إذا دخلت علیه قام إلیها فقبلها ورحب بها وأخذ بیدها فأجلسها فی مجلسه»
Ketika Fatimah menemui Nabi saw, beliau berdiri (untuk menyambutnya), lalu menciumnya dan mempersilakannya dan memegang tangannya serta didudukkan di tempatnya
Hakim Naisyaburi mengatakan:
هذا حدیث صحیح علی شرط الشیخین ولم یخرجاه
Hadis ini sahih menurut syarat dan standar Imam Bukhari dan Imam Muslim[8]
Ahmad bin Yusuf Qarnani dalam kitab Akhbar al-Duwal, jilid pertama,halaman 256 meriwayatkan bahwa Siti Aisyah berkata:
«کنّا نخیط و نغزل و ننظم الإبرة باللیل فی ضوء وجه فاطمة»
Kita menjahit, menenun dan memasang jarum di malam hai dengan mengandalkan cahaya dari wajah Fatimah.
[1] الفُصُولُ المُهمّة فی مَعرِفَةِ أحوال الأئمةِ، علی بن أحمد بن عبد اللَّه المکی المالکی المشهور بابن الصبّاغ (784-855 ق)، ج 1، ص 664، فصل: فی ذکر البتول
[2]Kitab Shahih al-Bukhari, jilid 3, hal. 1361, hadis no-3510.
لجامع الصحیح المختصر، اسم المؤلف: محمد بن إسماعیل أبو عبدالله البخاری الجعفی، دار النشر: دار ابن کثیر, الیمامة – بیروت – 1407 – 1987، الطبعة: الثالثة، تحقیق: د. مصطفی دیب البغا، ج 3، ص 1361، ح 3510
[3]صحیح مسلم، اسم المؤلف: مسلم بن الحجاج أبو الحسین القشیری النیسابوری، دار النشر: دار إحیاء التراث العربی – بیروت، تحقیق: محمد فؤاد عبد الباقی، ج 4، ص 1903، ح 2449
[4] روح المعانی فی تفسیر القرآن العظیم والسبع المثانی، اسم المؤلف: العلامة أبی الفضل شهاب الدین السید محمود الألوسی البغدادی، دار النشر: دار إحیاء التراث العربی – بیروت، ج 3، ص 155، ح 24
[5] المستدرک علی الصحیحین، اسم المؤلف: محمد بن عبدالله أبو عبدالله الحاکم النیسابوری، دار النشر: دار الکتب العلمیة – بیروت – 1411 هـ – 1990 م، الطبعة: الأولی، تحقیق: مصطفی عبد القادر عطا، ج 3، ص 167، ح 4730
[6] المعجم الأوسط، اسم المؤلف: أبو القاسم سلیمان بن أحمد الطبرانی، دار النشر: دار الحرمین – القاهرة – 1415، تحقیق: طارق بن عوض الله بن محمد, عبد المحسن بن إبراهیم الحسینی، ج 3، ص 137، ح 2721
[7] مجمع الزوائد ومنبع الفوائد، اسم المؤلف: علی بن أبی بکر الهیثمی، دار النشر: دار الریان للتراث/دار الکتاب العربی – القاهرة, بیروت – 1407، ج 9، ص 201، باب مناقب فاطمة بنت رسول الله e رضی الله عنها
[8] لمستدرک علی الصحیحین، اسم المؤلف: محمد بن عبدالله أبو عبدالله الحاکم النیسابوری، دار النشر: دار الکتب العلمیة – بیروت – 1411 هـ – 1990 م، الطبعة: الأولی، تحقیق: مصطفی عبد القادر عطا، ج 3، ص 174، ح 4754